7 waktu yang tepat untuk berdoa

Berikut adalah 7 waktu yang tepat untuk berdoa:

1. Selama Bulan Ramadhan

Waktu yang tepat untuk berdoa adalah selama bulan Ramadhan. Rasul pernah bersabda bahwa selama bulan Ramadhan pintu-pintu langit akan dibuka, pintu-pintu Jahannam akan ditutup serta para setan akan dibelenggu (HR. Al-Bukhari: 1889).

2. Pada Bulan Sya’ban

Kemudian, bulan Sya'ban adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Semua amal akan diangkat ke langit (HR. An-Nasa’i, Shahih at-Thargib no. 1022).

3. Pada Hari Senin dan Kamis

Ketiga, waktu yang tepat untuk berdoa adalah pada hari Senin dan Kamis. Pintu surga yang ada di langit akan dibuka, dan Allah SWT ampuni pada hari itu setiap hamba yang tidak berbuat syirik kepada-Nya (HR. Muslim, Abu Dawud, dan lainnya).

4. Setiap Hari Sebelum Waktu Dzuhur

Keempat, waktu yang tepat untuk berdoa adalah setiap hari sebelum masuk waktu dzuhur. Ketika matahari telah bergeser dari garis tengahnya alias waktu zawal.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya pintu-pintu langit sedang terbuka sampai zawalnya matahari, maka ia tidak akan tertutup hingga sholat dzuhur selesai ditunaikan. Maka aku ingin pada saat itu ada kebaikanku yang naik” (HR. Ahmad, Abu Dawud no. 1153, at-Tirmidzi, Ibnu Majah)

5. Saat Adzan Dikumandangkan

Kelima, , waktu yang tepat untuk berdoa adalah saat adzan dikumandangkan. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Jika sholat telah dikumandangkan, maka pintu langit akan terbuka dan doa akan dikabulkan” (HR. Abu Dawud).

6. Di Antara Dua Waktu Sholat

Keenam, waktu yang tepat untuk berdoa adalah di antara dua waktu sholat karena waktu tersebut merupakan waktu yang berharga.

Rasulullah SAW bersabda, “Berbahagialah! Inilah Tuhan kalian benar-benar telah membuka pintu dari pintu-pintu langit. Dia memamerkan kalian di hadapan Malaikat, Dia ‘Azza wa Jalla berkata, ‘Lihatah para hamba-Ku, mereka telah menunaikan sebuah kewajiban, dan sekarang mereka tengah menunggu kewajiban yang lain” (HR Ibnu Majah)

7. Pada Hari Jumat

Terakhir, waktu yang tepat untuk berdoa adalah pada hari jumat, di antara duduknya imam sampai selesainya sholat Jumat dan setelah waktu ashar.

Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari jumat ada 12 jam. Diantaranya ada satu waktu, apabila muslim yang memohon kepada Allah SWT di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah ashar” (HR. Abu Daud dan An-Nasai).[]




Komentar