Rahasia Zuhud


فينشر بعض الناس أن الحسن البصري سئل ما سر زهدك في الدنيا فقال: علمت أن رزقى لا يأخذه غيرى فاطمأن قلبى، وعلمت أن عملى لا يقوم به غيرى فاشتغلت به وحدى، وعلمت أن الله مطلع علي فاستحييت أن يرانى عاصيا، وعلمت أن الموت ينتظرنى فأعددت الزاد للقاء ربى

Orang-orang menyiarkan bahwa al-Hasan al-Bashri ditanya, “Apa rahasia kezuhudanmu di dunia?” Maka al-Hasan al-Bashri menjawab, “(1) Aku tahu rezekiku tidak akan diambil orang lain. Oleh karena itulah kalbuku merasa tenang. (2) Aku tahu amal perbuatanku tidak akan dikerjakan oleh orang lain. Oleh karena itulah aku sendiri yang sibuk mengerjakannya. (3) Aku tahu Allah selalu mengawasiku. Oleh karena itulah aku selalu merasa malu bila Dia melihatku dalam keadaan bermaksiat. (4) Dan aku tahu kematian itu telah menantiku. Oleh karena itulah aku selalu menambah bekal untuk hari pertemuanku dengan Rabb-ku.”

Komentar