Assalamualaikum wrwb
Anak-anak silahkan buat grup maksimal 3 anak, silahkan diskusikan !
*Soal 1:*
Di sebuah sekolah, terdapat seorang siswa yang sering mendapatkan ejekan dan perlakuan tidak menyenangkan dari teman-temannya karena penampilan fisiknya. Meskipun guru telah memberikan peringatan, tindakan bullying tetap berlanjut.
*_Pertanyaan:_*
Jelaskan faktor-faktor yang dapat menyebabkan perilaku bullying ini terus terjadi meskipun sudah ada intervensi dari guru! Berikan saran strategis yang dapat diterapkan oleh sekolah untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.
*Soal 2:*
Andi adalah siswa yang menjadi korban bullying di sekolah. Dia mulai menunjukkan tanda-tanda seperti menarik diri dari pergaulan, prestasi akademiknya menurun, dan menjadi mudah marah di rumah.
*_Pertanyaan:_*
Identifikasi dampak psikologis dan sosial yang mungkin dialami oleh Andi akibat bullying tersebut. Bagaimana Anda, sebagai teman sekelas, dapat membantu Andi keluar dari situasi ini?
*Soal 3:*
Beberapa sekolah menerapkan kebijakan zero tolerance terhadap bullying dengan memberikan sanksi berat bagi pelaku. Namun, kebijakan ini sering menimbulkan perdebatan karena dianggap tidak menyelesaikan akar masalah.
*_Pertanyaan:_*
Evaluasi kelebihan dan kekurangan kebijakan zero tolerance terhadap bullying. Usulkan pendekatan lain yang lebih efektif untuk menangani masalah bullying secara holistik. Jelaskan alasan Anda!
Komentar
1.Kurangnya pemahaman dan empati terhadap perbedaan.
2. Lingkungan yang tidak mendukung.
3. Kurangnya pendidikan moral dan etika.
4 Pengaruh teman sebaya.
5.Kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua.
Saran yang dapat diterapkan oleh sekolah antara lain:
1. Meningkatkan pendidikan moral dan etika.
2. Membuat lingkungan yang mendukung dan inklusif.
3. Meningkatkan pengawasan dan perhatian dari orang tua.
4. Menerapkan sistem pelaporan yang efektif.
5. Melakukan pelatihan keterampilan sosial dan emosional.
2. Dampak Psikologis:
1.Depresi dan kecemasan
2.Trauma
3.Gangguan makan
Dampak Sosial:
1.Isolasi sosial
2.Kesulitan berteman
3.Penurunan prestasi akademik
Cara membantu Andi sebagai teman sekelas:
1.Mendengarkan dan memberikan dukungan Andi serta ruang aman untuk berbagi perasaannya tanpa menghakimi.
2.Menjadi teman yang baik, Ajak Andi untuk berinteraksi dalam kegiatan positif, seperti bergabung dalam kelompok belajar atau kegiatan ekstrakurikuler.
3.Melaporkan kejadian bullying kepada guru, konselor sekolah, atau orang dewasa yang dipercaya.
4.Mendidik teman sebaya.
3) Kelebihan kebijakan zero tolerance terhadap bullying:
1.Kebijakan Zero tolerance mengkomunikasikan dengan jelas bahwa bullying tidak akan ditoleransi dalam lingkungan tertentu, seperti sekolah atau tempat kerja.
2.Kebijakan ini bertujuan untuk melindungi korban bullying dengan memberikan kesadaran bahwa tindakan kekerasan atau intimidasi tidak akan ditoleransi.
3.Deterrence:
Kebijakan zero tolerance dapat mencegah bullying dengan memberikan ancaman sanksi yang kuat bagi pelaku.
Kekurangan kebijakan zero tolerance terhadap bullying:
1.Kebijakan zero tolerance dapat menyebabkan penegakan yang berlebihan
2.Kurangnya pemahaman
3.Kurangnya dukungan
Sebuah pendekatan yang lebih efektif untuk menangani masalah bullying secara holistik adalah dengan fokus pada mencegah dan menangani masalah di bawah permukaan, serta memberikan dukungan bagi orang yang terlibat.